Kamis, 30 September 2010

Tiga Pemain Keturunan Bela Timnas vs Uruguay

Bookmark and Share

Tiga pemain asal Belanda keturunan Indonesia akan menjadi bintang tamu ketika Timnas Indonesia menjamu Uruguay, (8/10) mendatang. Johny Rudolf van Beukering, Rafael Guilermo Eduardo Martimo, dan Jefrry de Visher akan merumput bersama tim Merah-Putih.

“Menurut regulasi FIFA, pemain yang membela



timnas dalam even internasional harus jelas statusnya. Namun, di sini belum jelas even internasional seperti apa, resmi atau persahabatan. Atau malah kedua-duanya. Namun, kami telah menghubungi FIFA dan mereka setuju kalau empat pemain itu dapat menjadi bintang tamu kontra Uruguay,” kata Sekretaris Jenderal PSSI, Nugraha Besoes, dalam jumpa pers, di Kantor PSSI, Jakarta, Kamis (30/9).

“Status mereka bintang tamu. Belum menjadi pemain naturalisai. Kami juga telah meminta izin kepada KNVB, menjadikan beberapa pemain asal Belanda itu bintang tamu,” tambah Besoes.

Menyoal naturalisasi, Besoes menuturkan, sangat susah melakukan hal itu. Undang-undang yang berlaku di Indonesia cukup rumit. “Syaratnya, minimal 5 tahun secara berturut-turut atau setidaknya 10 tahun tidak berturut-turut tinggal di Indonesia. Harus bisa bahasa Indonesia, serta menjadikan Pancasila dan UUD 45 sebagai dasar dan undang-undang yang berlaku.”

“Selain itu, pemain naturalisasi harus mengajukan surat pindah kewarganegaraan ke kedutaan setempat atau langsung ke Indonesia (Kementerian Hukum dan Ham). Ada satu celah dalam undang-undang, yaitu seseorang dapat menjadi warga negara karena kepentingan negara,” pungkas Besoes.

Sementara itu, Ketua badan Tim Nasional, Iman Arif menuturkan, pemilihan peman asing dilakukan untuk mengisi posisi kosong yang ada di skuad timnas. Selain itu, diharapkan dapat memotivasi pemain lokal untuk bersaing memperebutkan posisi yang diinginkan.

“Alfred (Pelatih timnas, Alfred Riedl), mengatakan kedatangan pemain keturunan secara psikologis dapat membuat pemain lokal timnas bersaing dan berkompetitif dalam memperebutkan tempat. Saya rasa efeknya cukup bagus,” tambah Iman.

"Rencananya ada empat pemain keturunan yang ikut merumput. Namun, Sergio van Dijk (striker Adelaide United FC) sifatnya masih tentatif. Karena, timnya bakal melakukan uji coba melawan salah satu tim Inggris di Thailand. Jadi yang ok hanya tiga yaitu: Johny Rudolf van Beukering (Klub Go Ahead Eagles), Rafael Guilermo Eduardo Martimo (Klub BIT FC, Cina), dan Jefrry de Visher (FC Emmen)," tutup Iman.

sumber : http://12paz.blogspot.com

0 komentar:

Template by : aldast