Sabtu, 19 Juni 2010

Harmonisasi Gelaran LPI Musim Perdana

Bookmark and Share


maskotlpi.jpg

Gelaran perdana Liga Pendidikan Indonesia atau LPI sebagai kompetisi sepakbola antar-siswa se-Indonesia telah berlangsung dengan sukses. Ajang persaingan siswa dari tingkatan SLTP, SLTA maupun Perguruan Tinggi ini dilaksanakan sejak Agustus 2009 dan berakhir awal Mei 2010. Untuk musim kompetisi 2010-2011, LPI kemungkinan besar juga akan dimulai Agustus mendatang.

LPI diselenggarakan dari kerjasama tiga institusi, yakni PSSI, Kantor Menegpora dan Kantor Mendiknas. Even ini digulirkan dari tingkat kecamatan, kabupaten/kota, lalu provinsi, kemudian wilayah dan terakhir tingkat nasional. Di tingkat provinsi, tim-tim berprestasi memperoleh piala tetap dari gubernur masing-masing.

Puncaknya, Piala Presiden untuk juara di tingkat nasional. Sekedar mengingatkan, tim-tim peraih Piala Presiden pada LPI periode 2009-2010 ini adalah SMPN 13 Yogyakarta untuk kategori SLTP, SMA Darussalam Tangerang Selatan untuk kategori SLTA, dan tim Universitas Budi Luhur, Cileduk, untuk kategori perguruan tinggi.

Selain memperoleh piala, dua tim peringkat terbaik dari masing-masing kategori juga berhak atas hadiah uang pembinaan. Namun, menurut keterangan Ketua Panitia Nasional LPI Prof Dr. Toho Cholik Mutohir, Selasa (15/6), keseluruhan hadiah uang untuk tim-tim berprestasi serta berbagai kategori lain memang belum diserahkan. Hal ini, kata Toho Cholik Mutohir, karena masih menunggu alokasi dana dari sponsor.

"Kemungkinan bulan Juli atau paling lambat Agustus hadiah-hadiah uang untuk seluruh kategori sudah bisa kita serahkan," kata Toho Cholik Mutohir.

Toho Cholik Mutohir Selasa sore memberikan keterangan pers terkait dengan evaluasi dari gelaran musim kompetisi pertama LPI dan proyeksi penyelenggaraan LPI 2010-2011. Ikut memberikan keterangan adalah Sekjen PSSI Nugraha Besoes, Ketua Badan Pembinaan & Pengembangan Usia Muda (BPPUM) PSSI, dan Sekretaris Panitia Nasional LPI Eddy Prasetyo. Nugraha Besoes pada kesempatan ini menyebutkan, sebagai wadah kompetisi baru dengan cakupannasional, pelaksanaan tahun pertama LPI tentunya masih jauh dari sempurna. Namun demikian, Nugraha Besoes yakin, dengan dukungan maksimal dari Kantor Mendiknas mau pun Kantor Menegpora, pelaksanaan LPI dari tahun ke tahun pastinya akan mengalami peningkatan.

Nugraha Besoes juga mengingatkan harus adanya harmonisasi antara beberapa institusi yang memiliki kewenangan dalam pembinaan pemain muda, misalnya Badan Liga Amatir Indonesia (BLAI) dan BPPUM. Ini terkait dengan even-even BLAI dan BPPUM yang memiliki kesamaan narasumber, yakni pemainnya. Pemain-pemain yang tampil di LPI sangat mungkin menjadi andalan daerahnya masing-masing pada even Liga Medco U-15 yang dikelola oleh BLAI, sementara BPPUM berkompeten untuk menjaring pemain potensial dari pemain kelompok usia tersebut.

Terkait dengan penjaringan pemain potensial dari LPI, Ketua BPPUM Rahim Soekasah menyebutkan, beberapa pemain dari kategori usia 15-16 tahun yang tampil di tingkat SLTP dan SLTA kemungkinan besar akan dilibatkan dalam seleksi pembentukan tim U-16 Indonesia yang dipersiapkan ke putaran-final Kejuaraan U-16 AFC pada Oktober mendatang di Tashkent, Uzbekistan.

"Kita sudah memiliki 22 pemain dari tim yang lolos pada babak penyisihan di Filipina. Mereka dari kelahiran Januari 1994. Untuk pemain-pemain tambahan, kita akan ambil pemain dari kelahiran Oktober 1994," jelas Rahim Soekasah.

Rahim cukup optimistis dengan tim U-16 Indonesia ini. Dia menyatakan, jika pada putaran-final U-16 AFC itu timnas Indonesia lolos ke babak semifinal, maka otomatis berhak memperoleh promosi ke Kejuaraan Dunia U-17 tahun 2011. (adi)

Daftar Juara Liga Pendidikan Indonesia Putaran Coca-Cola Tingkat Nasional:

Tingkat SMP: SMPN 13 Yogyakarta
Tingkat SMA: SMA Darussalam Tangerang Selatan
Tingkat Perguruan Tinggi: Universitas Budi Luhur Jakarta

Top Skor:
Tingkat SMP: Mega Nanda (SMPN 8 Sekayu Muba, 7 gol)
Tingkat SMA: Hadi Wibowo (SMAN 1 Bangkalan, 6 gol)
Tingkat Perguruan Tinggi: Syaiful Hidayat, (Universitas Negeri Padang, 11 gol)

Fairplay:
Tingkat SMP: SMPN 8 Sekayu Muba
Tingkat SMA: SMA Darussalam Tangerang Selatan
Tingkat Perguruan Tinggi: STAIN Palopo

0 komentar:

Template by : aldast