Senin, 27 September 2010

Pemain Naturalisasi Berpeluang Hadapi Uruguay

Bookmark and Share

Indonesia akan menggelar uji coba lawan Uruguay di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, 8 Oktober 2010. Dalam laga ini, timnas berpeluang diperkuat calon pemain naturaliasi.

PSSI bersama Badan Tim Nasional (BTN) terus berupaya untuk menjaring pemain asing yang



bersedia dinaturalisasi menjadi pemain timnas. Salah satu lokasi perburuan PSSI dan BTN adalah Belanda.

Menurut Sekjen PSSI, Nugraha Besoes, perburuan telah dilakukan bersama Ketua BTN, Iman Arif dan pelatih timnas, Alfred Riedl. Hasilnya, PSSI sudah mengantongi lima pemain yang bersedia dinaturalisasi.

"Kami sudah mendapatkan lima nama. Dua striker, dua gelandang dan satu bek. Tapi, yang bek ini masih cedera. Semuanya pemain Divisi Satu Liga Belanda," ujar Nugraha di Senayan, Jakarta, Senin 27 September 2010.

Kelima nama itu adalah striker Sergio van Dijk dan John Beukring, gelandang Tom Heley, dan Michael Timisela, serta bek, David Ririhena. Dari kelimanya, Serginho-lah yang pertama didekati oleh PSSI.

Nugraha menambahkan, kecuali Timisela, seluruh kandidat pemain naturalisasi itu berpeluang tampil lawan Uruguay. Saat ini PSSI tinggal menunggu surat izin dari Federasi Sepakbola Belanda (KNVB).

"Jika mereka bisa datang tanggal 6 Oktober, Riedl menegaskan ingin mencoba keempat pemain tersebut saat melawan Uruguay. Kita tinggal mencari izin dari KNVB dan klub masing-masing," pungkas Nugraha.

Lebih lanjut Nugraha mengatakan kelima pemain tersebut sudah setuju untuk membela timnas Indonesia. Namun, proses untuk menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) cukup berat.

"Kelimanya sudah di atas 21 tahun, jadi harus melalui jalur biasa untuk menjadi WNI. Ada jalur cepat yakni menggunakan UUD No.12 Pasal 20, tapi itu pun harus mendapat izin Presiden dan pertimbangan DPR. Karena harus ada kepentingan nasional dan orang itu memiliki sumbangsih bagi negara," beber Nugraha.

sumber : http://12paz.blogspot.com

0 komentar:

Template by : aldast